Blog

Cara Budidaya Tanaman Tomat

Mau Tau Cara Budidaya Tanaman Tomat ? Ikuti Panduan Dibawah ini

Usaha di bidang hortikultura menjadi salah satu usaha yang menguntungkan.Apalagi Indonesia merupakan negara yang memiliki iklim tropis sehingga banyak jenis tanaman hortikultura yang dapat tumbuh di sini.

Tomat adalah tanaman hortikultura yang banyak dicari. Tomat dapat diolah menjadi berbagai makanan. Penggunaannya pun sangat luas, mulai dari dikonsumsi mentah sampai digunakan untuk pemasakan.

Untuk mendapatkan tomat dengan hasil panen yang melimpah, mengetahui cara menanam tomat yang baik dan benar perlu dilakukan.

Oleh karenanya, artikel kali ini, kita akan membahas mengenai cara budidaya tanaman tomat yang baik dan benar. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan mulai dari benih, tanam, lahan, perawatan, sampai dengan masa panen nantinya.

Nah, bagi Anda yang sudah tidak sabar, berikut adalah ulasan mengenai cara budidaya tomat yang dapat Anda ikuti.

Tahap- Tahap Persiapan Cara Budidaya Tanaman Tomat

  1. Pemilihan benih dan penyemaian benih

Anda tentunya sudah sering mendengar bahwa benih yang baik akan menjadi salah satu jaminan tanaman yang dihasilkan akan baik pula.

Hal tersebut memang benar adanya. Oleh sebab itu, memilih benih menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam cara budidaya tanaman tomat.

Anda dapat dengan mudah mendapatkan benih yang baik di tempat penjualan benih terdekat. Pilih benih yang sudah tersertifikasi dari Dinas Pertanian. Tanyakan kepada pemilik toko yang paling bagus untuk daerah Anda.

Setelah mendapatkan benih hal yang Anda lakukan pertama kali adalah melakukan penyemaian.

Cara penyemaian dapat dilakukan di dalam polybag dengan ukuran 4×6 cm. Lubangi polybag dan isi dengan tanah 1/3 bagian. Semai benih dan beri air yang cukup agar berkecambah. Jika sudah berkecambah, tanaman siap dipindahkan ke media tanam yang sudah disiapkan.

 

  1. Media tanam

Setelah melakukan penyemaian, hal selanjutnya yang harus dilakukan dalam cara budidaya tanaman tomat adalah melakukan menyiapkan media tanam.

Buat media tanam sesuai dengan luas tanah yang Anda miliki. Cangkul tanah agar gembur. Beri kapur jika ph tanah masih asam agar tanah menjadi netral.

Beri pupuk organik padat Pythozet dan bokashi dari  Gahendra Abadi, karena produk gahendra dijamin aman dari virus, jamur, bakteri yang dapat merusak tanaman.

perlu. Diamkan 1 minggu agar tanah siap. Setelah siap, buat bedengan dan tutup bedengan dengap plastik. Beri lubang untuk ditanami. Diamkan 1 minggu sebelum siap ditanami.

  1. Penanaman dan perawatan

Setelah media tanam siap ditanami dan benih sudah disemai. Kini Anda siap menanam tanaman tomat.

Lubangi plastik mulsa dengan diameter 5 sampai dengan 7 cm. Masukan bibit satu persatu pada tiap lubang. Lakukan penyiraman secara intensif terutama jika sedang dalam musim kemarau.

Untuk menghindari terserang hama dan penyakit, rawat tanaman tomat secara intensif. Perhatikan intensitas penyiraman, jangan terlalu sering dan jangan terlalu jarang.

Berikan pupuk Paket Atas Gahendra untuk mencegah timbulnya penyakit, memberikan imunitas ke tanaman, dan menutrisi tanaman secara extra, Agar Panen anda menjadi maksimal. Ada Pupuk Organik Cair Terbaik, Pupuk Khusus Buah, dan Pupuk Untuk Nutrisi sekaligus melawan Virus, Jamur, dan Bakteri Tanaman.

Selain itu, ketika tanaman yang terserang hama dan penyakit akan mudah diatasi. Karena tanaman terbantu oleh kekebalan yang diciptakan oleh nutrisi pupuk Gahendra.

 

  1. Panen

Panen buah tomat sudah dapat dilakukan setelah 60 sampai dengan 100 hari penanaman.

Panen didapat dilakukan pada tomat yang hampir matang agar selama penyimpanan dan pendistribusian, tomat tidak cepat busuk. Kulit buah tomat sudah menguning dan batang sudah mulai mengering. Anda dapat memetik 2 sampai 3 hari sekali.

 

Nah, itu tadi cara budidaya tanaman tomat yang dapat Anda lakukan. Untuk menanam tanaman tomat dengan sukses, salah satu kuncinya adalah memberikan perhatian yang maksimal termasuk memberikan berbagai perawatan untuk mencegah terjadinya penyakit dan terserang hama.

Berikut ini pupuk Gahendra Abadi untuk membantu budidaya tanaman tomat yang yang baik dan benar.

Jika Anda serius mengikuti panduan kami, mudah- mudahan anda akan berhasil juga seperti petani binaan kami yang lain. Lihat di Youtube dengan nama PT Gahendra Abadi
cara budidaya tanaman tomat

dosis pupuk untuk tomat
Info Pemesanan Hubungi :

Bapak Zam zam
0813 6646 1050
0856 6427 2209

One Comment

  1. sangat bagus artikelnya gan
    mudah di mengerti dan jadi ingin menanam tomat juga ni
    sebelumnya itu saya ingin berterima kasih atas informasinya

Tinggalkan Balasan

Back to top button