Blog

Cara Memperbanyak Anakan Padi Secara Efektif

Mengetahui Cara Memperbanyak Anakan Padi adalah salah satu langkah yang tepat untuk menghasilkan anakan produktif agar malai padi lebih banyak berproduksi, yang akhirnya bertambah pula hasil panen itu sendiri.

Untuk menghasilkan anakan padi yang banyak, terkadang beberapa petani masih ada yang ketinggalan zaman. Menurut sebagian petani tersebut, pada prinsipnya yaitu banyak bibit yang di tanam, akan banyak pula anakan yang akan timbul.

Padahal faktanya, benih utama yang ditanam sama sekali tidak bertumbuh, namun anakan nya lah yang akan bertumbuh dan menghasilkan malai.

Jadi belum tentu, dengan banyaknya benih yang ditanam, akan menentukan anakan padi yang banyak. Justru malah akan semakin boros penggunaan benih dalam sistem budidayanya.

Berbagai macam informasi yang ada di Internet saat ini sungguh sangat membangun Petani Indonesia. Namun kami akan mencoba memberikan informasi yang sudah teruji dan terbukti untuk cara memperbanyak anakan padi dengan tepat dan benar.

Mengapa Anakan Padi Kurang Banyak ?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan bibit yang ditanam tidak membuahkan hasil anakan padi yang maksimal. Beberapa faktor tersebut diantaranya :

Kualitas Benih Kurang Bagus

Kualitas benih memang saat ini yang paling banyak terjadi dikalangan Petani Indonesia. Namun kesimpulan daripada permasalahan yang ada adalah, Cobalah membeli benih yang betul-betul bersertifikat dan Original.

Sudah banyak saat ini ditemui dipasaran mulai dari Ciherang, Inpari, IR dan lain-lain.

Alternatif yang ke 2, Jika Petani memiliki rekomendasi dari petani lainnya lalu ada benih yang lebih bagus. Maka tidak ada salahnya mencoba dan belajar dari petani yang sudah sukses.

Bibit Terlalu banyak di Tanam
Bibit Utama yang ditanam sudah kami singgung diatas, tidak akan menghasilkan malai, namun anakan nya lah yang akan menghasilkan malai.

Mengapa terlalu banyak bibit malah tidak banyak menghasilkan anakan yang banyak ? Itu dikarenakan bibit utama yang banyak, terlalu menghimpit anakan yang akan bertumbuh.

Solusinya….

Tanamlah Bibit hanya 1-2 batang saja per titik tanam, dari bibit utama inilah yang akan lebih maksimal menghasilkan anakan padi.

Air Tergenang

Ini adalah hal yang menurut kami menarik. Karena masalah ini ada kelebihan dan kekurangan nya.

Penggenangan air memang menjadi alternatif yang efektif untuk mengendalikan Gulma. Beberapa petani yang malas matun[bahasa jawa] mencabut rumput, paling sering menggunakan metode ini.

Kekurangan dari metode ini, adalah bibit utama akan sulit berkembang, yang akhirnya anakan menjadi tidak bertumbuh banyak atau maksimal.

Sulit terkadang mengingatkan masalah ini, namun perlahan dengan pendekatan yang ilmiah mungkin petani itu akan sadar dengan lingkungan nya.

Untuk diketahui, pada masa Vegetatif Usia 1-35 HST kondisi air haruslah dalam keadaan macak-macak, yaitu tidak ada air yang tergenang, namun harus dalam kondisi seperti lembab dan terlihat becek Agar anakan lebih maksimal bertumbuh.

Jarak Tanam yang Terlalu Rapat

Sebagian petani turun temurun, banyak pula yang berprinsip banyak pohon akan banyak pula padi yang dihasilkan.

Ini tentunya harus diluruskan, karena jarak tanam yang rapat membuat tanaman berebut unsur hara yang akhirnya unsur kurang terserap dengan maksimal.

Selain itu, pada jarak tanam yang terlalu rapat, potensi penyakit lebih tinggi, diantaranya penyakit yang disebabkan oleh jamur. Karena matahari kurang maksimal masuk sampai ke pangkal batang.

Masalah Hama juga menjadi kendala jika jarak tanam lebih rapat. Hama sangat tidak suka tempat yang terang, jika jarak tanam rapat, maka tentu sangat disukai Hama dan efektif untuk berkembang biak.

Penyemprotan fungisida maupun Insektisida juga tidak akan maksimal sampai ke pangkal.

Untuk itu, marilah kita coba merubah atau setidaknya Petani dapat ber eksperimen menggunakan sebagian lahannya untuk uji coba beberapa teknologi yang diberikan oleh penyuluh maupun petani lainnya. Tidak harus semua, namun sebagian saja untuk meyakinkan diri sendiri.

Ada 2 cara yang populer saat ini yaitu jarak tanam 30 x 30 cm dengan Jajar Legowo :

  • Legowo 6 : 1 yaitu dimana enam baris bibit lalu dikosongkan 1 titik baris
  • Legowo 2:1 yaitu dimana 2 baris bibit lalu dikosongkan 1 titik.

Memperbanyak Anakan Padi dengan sistem Legowo

Efektifkah Pestisida Untuk Memperbanyak Anakan Padi ?

Pestisida yang umumnya dipakai untuk memperbanyak anakan padi yaitu jenis Fungisida. Alasanya yaitu karena ada beberapa jenis fungisida terdapat juga ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) yang dapat membantu pertumbuhan tanaman.

Selain itu, seperti yang kita tahu penggunaan fungisida untuk mengendalikan penyakit yang disebabkan oleh Jamur.

Menurut kami, sah sah saja, namun kita sebagai petani haruslah bijak dalam penggunaan dan tidak perlu berlebihan dalam penggunaan jenis Fungisida yang terdapat ZPT kimia.

Tetapi untuk apa kita lakukan jika tanaman itu sendiri nyatanya tidak terserang penyakit jamur, karena itu akan percuma.

Menurut pengalaman kami, jika tanaman itu tidak terserang penyakit tidak tepatlah melakukan pencegahan, karena justru mungkin penggunaan fungisida bisa mengganggu pertumbuhan tanaman dan juga akan menambah biaya dalam proses budidaya.

Maka, petani haruslah selalu mengamati pertumbuhan tanaman.

Efektif atau tidak nya tergantung ketepatan penggunaan. Karena ZPT kimia jika dosis penggunaan tepat bisa bagus untuk tanaman, jika kelebihan maka akan merusak tanaman.

Solusi Memperbanyak Anakan Padi

Pada baris paragraph diatas telah kami jelaskan beberapa kendala mengapa jumlah anakan padi tidak dapat bertumbuh banyak sesuai keinginan dan sekaligus kami jelaskan solusinya.

Penjabaran kami diatas adalah berdasarkan pengalaman kami bertahun-tahun mengamati dan mengikuti teknologi pertanian yang berkembang di Indonesia dalam hal ini tanaman padi.

Namun dibalik itu semua ada tips yang patut dicoba untuk memperbanyak anakan padi dengan sistem yang sudah teruji dan terbukti dari tim Ahli pertanian Padi Kami yaitu penggunaan Pupuk Organik Cair Terbaik dari PT Gahendra Abadi.

Pupuk Cair dan Cara memperbanyak anakan padi

Pupuk cair Organik untuk memperbanyak anakan Padi, saat ini sudah banyak ditemui dipasaran mulai dari harga yang murah hingga yang mahal.

Sakarang ini juga, banyak beragam tutorial membuat pupuk organik cari dari berbagai sampah organik maupun kotoran hewan.

Namun Bagi Anda yang bingung dan mungkin merasa repot karena harus membuat pupuk sendiri. Ada baiknya coba dulu produk terbaik dari perusahaan kami yaitu : Pupuk Organik Cair Nutriliq

Pupuk Organik Cair Untuk Memperbanyak Anakan Padi

Kandungan :

  • Unsur Hara Makro dan Mikro
  • ZPT Alami yang Aman
  • Mikro Organisme menguntungkan (Anpathogen) yang dapat menjadi musuh organisme merugikan.
  • Asam – asam Organik Essensial yang akan meningkatkan daya tahan tanaman (Imunitas)

Beragam kandungan yang ada pada produk Nutriliq adalah benar ada nya dan kami jamin produk perusahaan kami sangat aman.

Proses pembuatan nya adalah dari bahan organik pilihan yang berkualitas tinggi bukan dari sampah. Proses Ekstraksi dan Fermentasi nya juga membutuhkan waktu yang lama hingga 8-10 bulan dan selalu terkontrol sebelum dikemas oleh tim Quality Control kami.

Pupuk Cair Nutriliq Untuk Memperbanyak Anakan Padi

Dalam konteks untuk memperbanyak anakan padi, Nutriliq memilki keunggulan diantarnya :

  1. Membantu membangunkan masa tidur biji, sehingga lebih cepat berkecambah
  2. Membantu pertumbuhan lebih cepat dan optimal tanpa ada unsur memaksa tanaman.
  3. Membantu pertumbuhan dan memperbanyak anak padi hingga 50-60 batang per rumpun dan 35-40 anakan produktif.
  4. Penggunaan secara kontinyu, dapat memberikan kekebalan tanaman dari serang penyakit yang disesbabkan oleh Organisme yang merugikan seperti Jamur dan Bakteri, Selain itu
  5. Memberikan kekebalan ekstra saat cuaca ekstrim.

“ You Will Never Now Till You Have Tomorrow “

Jika tidak mencoba kapan kita akan tahu, jika sudah tahu kualitas keunggulan nya jangan lupa teman seperjuangan petani padi lainnya, bantu mereka sukses juga dalam budidaya Padi.

Jika ingin Memaksimalkan Hasil Panen, kami rekomendasikan juga memakai produk pupuk buah dari kami yaitu Zet Power. Bisa dibeli juga di marketplace resmi kami ; Bukalapak, Shopee dan Tokopedia.

Pupuk buah padi Gahendra Abadi

Untuk Mendapatkan produk Pupuk Cair Organik Untuk Memperbanyak Anakan Padi dan cara aplikasinya, hubungi segera :

Bapak Zam Zam
0813 6646 1050
0856 6427 2209

Artikel Terkait :

  1. Cara Memperbanyak Anakan Padi

  2. Pupuk Padi Terbaik

  3. Pupuk Untuk Padi Bunting

  4. Jenis-jenis Penyakit Pada Tanaman Padi

  5. Pencegahan Penyakit Tanaman Padi

  6. Penanggulangan Penyakit Padi

  7. Jenis – Jenis Hama Tanaman Padi

  8. Cara Mengatasi Hama Pada Tanaman Padi

Back to top button