Blog

Jenis Jenis Penyakit Tanaman Cabe yang Sering Dijumpai

Memahami jenis-jenis penyakit tanaman cabe dapat membantu kita dalam mengatasi serangan penyakit sejak dini. Hampir semua jenis tanaman baik Cabe Merah Keriting, Cabe Merah Besar, Cabe rawit dan jenis cabe lainnya mudah diserang penyakit.

Faktor kesehatan/kesuburan tanaman cabe adalah yang paling penting. Untuk itu kami sarankan jagalah tanaman dengan selalu memperhatikan setiap pertumbuhannya setiap 1-2 minggu sekali.

Penyakit adalah hal buruk yang terjadi pada tanaman yang disebabkan oleh Mikro Organisme Pathogen seperti bakteri, jamur, dan virus.

Penyebab Penyakit Pada Tanaman Cabe

Ada beberapa penyebab penyakit pada tanaman yang sering kami dijumpai, dan terkadang ada yang masih belum paham tentang penyebab ini. Kami rasa ini menjadi penting untuk di sajikan. Berikut diantaranya :

Tanah kurang subur

Sifat Biologis tanah yang kurang subur dapat ditandai dengan jumlah Mikro Organisme Pathogen di dalam tanah lebih banyak, sehingga Mikro Organisme Anpthogen(Menguntungkan) tidak dapat bersaing dan banyak mati terbunuh.
lalu pH Tanah Asam , Mikroba(Mikro Organisme) tidak akan berkembang, bahkan mati. Kemudian penting yaitu Bahan Organik dalam Tanah Sudah kurang mencukupi, sehingga Mikoba menguntungkan pada tanah tidak bisa berkembang dengan baik.

Penularan dari tanaman lainnya

Penyakit bisa juga timbul dari tanaman lainnya. Penularan tersebut dilakukan melalui udara dan tekanan angin.
Hal yang harus dilakukan yaitu menanggulangai tanaman yang sudah terserang dengan cara mencabutnya, Jika beberapa tanaman sudah terinfeksi dengan kategori parah.

Setelah memahami apa saja penyebab penyakit pada tanaman cabe. Dalam ulasan kali ini, kita membahas mengenai 3 jenis penyakit tanaman cabe yang paling sering ditemukan.

Adapun jenis jenis penyakit tanaman cabe tersebut adalah sebagai berikut.

Jenis – Jenis Penyakit Tanaman Cabe

PATEK

Jenis jenis penyakit tanaman cabe yang pertama adalah patek. Penyakit patek atau disebut juga dengan antraktosa adalah jenis penyakit tanaman cabe yang disebabkan oleh cendawan. Cendawan penyebabnya adalah Colletotrichum gloeosporioides dan Colletotrichum capsici. Penyakit patek ini dapat menyerang saat tanaman masih dalam usia muda.

Patek menyebabkan kecambah yang masih dalam fase awal pertumbuhan menjadi layu dan gagal semai. Patek juga dapat menyerang tanaman cabe dewasa.

Pada tanaman cabe dewasa, patek menyebabkan batang, daun, dan buah mengalami busuk kering, serta terjadi mati pucuk.

Salah satu cara untuk mencegah penyakit ini adalah dengan memisahkan benih yang berpatogen dari tanaman yang sehat agar tidak menular. Anda juga bisa menggunakan fungisida untuk mematikan cendawan tersebut. Bisa juga menggunakan Pupuk Daun yang dimiliki oleh Gahendra Abadi yang terdapat pada Paket Atas Gahendra.

BERCAK DAUN

Bercak daun adalah penyakit yang kerap menyerang tanaman termasuk tanaman cabe. Penyebab dari bercak daun adalah jamur Cercospora capsici.

Gejala yang akan timbul jika suatu tanaman terserang penyakit ini adalah munculnya bercak atau titik abu dengan highlight cokelat pada daerah daun.

Jika gejala tersebut dibiarkan, penyakit bercak daun akan semakin parah dan dapat menyebabkan daun kering, layu, dan gugur.

Terjadinya penyakit ini biasanya pada saat kelembaban tinggi misalnya, saat musim hujan. Spora dari jamur penyebab penyakit ini tersebar melalui beberapa media seperti hembusan angin, alat pertanian, hama, dan air hujan.

Selain penggunaan Pupuk Organik yang bagus untuk Tanaman, pengaturan jarak tanam sangat penting dilakukan untuk mencegah penularan penyakit ini.

JIka serangan sudah terlalu parah, segera buang tanaman yang terinfeksi jamur tersebut juga dapat Anda lakukan untuk menghindari penyakit bercak daun menyebar.

KERITING DAUN

Penyakit keriting daun disebut juga dengan penyakit mosaik. Jenis jenis penyakit tanaman cabe ini disebabkan oleh Cucuber Mosaic Virus.

Penyakit ini dapat menyebabkan tanaman menjadi kerdil. Ukuran daun pun akan mengecil. Warna daun akan tampak tidak merata atau berselang seling warna hijau muda dan hijau tua. Batang daun juga akan menjadi kuning.

Penyakit yang disebabkan oleh virus ini juga dapat menyebar ke tanaman lainnya sehingga pemusnahan tanaman yang sudah terserang virus ini menjadi hal yang bijak.

Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan Obat Virus Tanaman yang diproduksi oleh Gahendra Abadi. Obat tersebut bekerja menonaktifkan virus serta kombinasi sebagai asupan suplemen untuk tanaman.

Nah, itu tadi jenis jenis penyakit tanaman cabe yang paling sering kita temukan. Selain memusnahkan tanaman cabe yang sudah terserang penyakit tersebut, penggunaan pupuk yang tepat juga dapat membantu Anda dalam memperkuat daya tahan tanaman.

Pupuk organik Gahendra Abadi dapat menjadi pilihan..

Bagi Anda yang ingin berkecimpung di dunia hortikultura Khususnya tanaman cabe..

Bergabung lah bersama menggunakan Pupuk Gahendra Abadi..

Karena bukan hanya diberikan produk yang berkualiatsa tinggi,,Anda juga akan diberikan Panduan pertanian cabe dari awal hingga finish dengan hasil Maksimal…

Hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut.. Semoga Bermanfaat !

.

One Comment

  1. Terimakasih atas masukan yg di berikan. Ini sangat bermanfaat buat saya yg ingin memulai membudidayakan tanaman cabe dll.

Tinggalkan Balasan

Back to top button