Blog

Jenis Jenis Tanaman Cabe di Indonesia yang Populer

Indonesia terkenal sebagai salah satu negara keanekaragaman hayati yang sangat kaya. Banyak sekali tanaman yang dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia tetapi memiliki harga yang mahal di luar negeri. Misalnya saja tanaman rempah rempah, cokelat,dan jenis jenis tanaman cabe di Indonesia.

Selain tanaman perkebunan dengan tingkat permintaan luar negeri yang tinggi, tanaman hortikultura di Indonesia juga sangat beranekaragam.

Salah satu tanaman hortikultura yang banyak digemari oleh masyarakat adalah cabe.

Ya, Indonesia merupakan salah satu negara yang masyarakatnya memiliki tingkat toleransi pedas cukup tinggi. Ada banyak jenis cabe yang tumbuh di Indonesia. Salah satunya mungkin merupakan jenis favorit Anda. Nah, jenis jenis tanaman cabe di Indonesia kami bahas dalam ulasan kali ini.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada banyak jenis tanaman cabe yang ada di Indonesia.

Dalam penanamannya, biasanya diikuti dengan pemanfaatan pupuk organik untuk meningkatkan produksi. Bagi Anda yang belum mengenal perbedaannya, yuk kita belajar mengenali jenis dan karakteristik berbagai tanaman cabe di Indonesia agar pengetahuan akan kekayaan alam Indonesia menjadi lebih luas.

Adapun jenis jenis tanaman cabe di Indonesia tersebut di antaranya sebagai berikut.

Jenis Jenis Tanaman Cabe

Cabe besar

Jenis cabe dapat digolongkan berdasarkan ukuran. Cabe besar tentunya memiliki ukuran yang besar. Tanaman cabe besar ini, terdiri dari 3 jenis umum yang dapat dengan mudah kita kenali. Adapun 3 jenis jenis tanaman cabe di Indonesia tersebut adalah sebagai berikut.

Cabe hijau

Cabe besar hijau merupakan salah satu jenis cabe yang tingkat kepedasannya rendah. Cabe ini merupakan cabe merah yang belum matang atau dipanen saat cabe masih berwarna hijau. Cabe ini biasanya berbau langu. Cabe jenis ini biasanya memiliki harga yang lebih murah.

Cabe merah

Cabe besar merah biasanya berbentuk lancip panjang dengan kulit mulus mengkilap. Cabe jenis ini adalah cabe yang sudah matang dan memiliki rasa pedas.

Cabe merah keriting

Cabe besar merah keriting adalah cabe yang kulit buahnya lebih tipis dan tidak mulus melainkan memiliki kerutan. Diameternya lebih kecil dari cabe merah biasa dengan ujung yang runcing. Cabe jenis ini memiliki rasa yang paling pedas dibandingkan dua cabe lainnya.

Cabe rawit

Selain cabe besar, ada satu lagi jenis cabe yang menjadi favorit banyak orang. Cabe tersebut adalah cabe rawit.

Cabe dengan ukuran kecil ini memiliki tingkatan kepedasan di atas cabe besar.

Walaupun panjang cabe hanya berkisar 2 sampai dengan 4 cm saja, cabe jenis ini sangat pedas bahkan saat cabe masih dalam kondisi hijau. Pembuatan sambal dengan cabe jenis ini sangat disukai masyarakat yang memiliki tingkat toleransi kepedasan yang tinggi. Cabe rawit yang ada di pasaran memiliki tiga pilihan warna yaitu, cabe rawit merah, cabe rawit, oranye, dan cabe rawit hijau.

Itu tadi ulasan mengenai jenis jenis tanaman cabe di Indonesia yang populer.

Sebenarnya, masih ada lagi jenis tanaman cabe yang dapat tumbuh di Indonesia.

Cabe hibrida hasil penelitian juga termasuk di dalamnya. Benih cabe hibrida biasanya memiliki keunggulan tertentu yang ditonjolkan. Misalnya saja memiliki tingkat kekebalan yang tinggi terhadap serangan hama, dan lain sebagainya.

Benih cabe biasanya didapatkan dari biji cabe yang dikeringkan sendiri oleh petani sehingga bibit cabe Indonesia adalah bibit cabe lokal. Penggunaan pupuk organik sebagai salah satu jenis pupuk untuk menutrisi media tanam benih cabe dapat Anda jadikan alternatif. Selain memiliki manfaat besar bagi tanaman, pupuk jenis ini memiliki harga yang terjangkau.

One Comment

Tinggalkan Balasan

Back to top button