Penanggulangan Penyakit

Mengatasi Bulai dan Keriting Pada Cabai Akibat Virus

Selamat datang di tips mencegah dan mengatasi penyakit dan hama pada tanaman. Kali ini kami akan memberikan wawasan tentang cara mencegah dan mengatasi penyakit keriting daun dan bulai yang disebabkan oleh virus Gemini dan Hama tanaman.

Pendahuluan

Tanaman Cabai memiliki potensi bisnis yang bagus walaupun sering mengalami fluktuasi harga.

Namun disisi lain Petani Cabai lebih memilih bertahan dengan kondisi tersebut karena ketika harga sedang naik seperti saat ini ketika artikel ini diterbitkan harga cabai tembus hingga 40-50rb per kg untuk cabai merah keriting, cabai kecil, ataupun cabai rawit.

Keuntungan dari modal perbatang hanya 5-7rb pada tanaman cabai membuat keuntungan berkali – kali lipat. Sebagaimana umumnya tanaman cabai dalam kondisi baik dapat menghasilkan 1 kg setiap batangnya.

Salah satu masalah penurunan jumlah produksi tanaman cabai yakni serangan hama dan penyakit.

Penyakit terkadang dilakukan oleh hama yang berkembang pada tanaman lalu menginfeksi yang kemudian berakibat tanaman terserang penyakit Virus. contohnya bulai / Kuning dan keriting daun.

Penyakit ini dapat menyebabkan tanaman sulit berkembang hingga berbuah. Dalam beberapa kasus, penyakit virus ini dapat mengakibatkan tanaman mati secara perlahan. Virus Kuning dapat berpotensi kerugian mencapai 20-100%.

Lantas bagaimana cara mengatasi dan mencegahnya… berikut ini akan kami jelaskan dalam artikel ini.

Jenis Hama Penyebab penyakit Bulai dan Keriting Daun Cabai

1. Penyakit Bulai

Penyakit bulai atau bule, adalah penyakit yang menyerang tanaman cabai dengan gejala daun menguning. Daun menguning akan nampak pada ujung daun bagian atas.

gambar oleh wikimedia.com

Penyebab Penyakit

Sulandari et al. (2001) menemukan bahwa penyakit ini disebabkan oleh virus Gemini. Virus ini ditularkan oleh serangga vektor yaitu kutu kebul (Bemisia tabaci).

Kutu Kebul Penyebab Penyakit Virus Gemini
Kutu Kebul

Penyakit ini banyak terdapat pada cabai rawit, cabai besar, paprika dan juga pada tomat.

Menurut Suseno et al. (2003) luas serangan dan kejadian
pada cabai rawit lebih besar dibandingkan pada cabai besar. Hal ini mungkin terjadi karena proses budidaya cabai rawit kurang intensif dibandingkan dengan budidaya cabai besar yang sangat intensif dengan
pemupukan, penyiangan serta pengendalian hama dan penyakit secara kimiawi.

Virus ini dapat ditularkan melalui teknik penyambungan dan melalui perantara kutu kebul. Secara mekanik virus ini tidak dapat ditularkan melalui biji.

Menurut Sudiono et al. (2001)

Masa inkubasi virus ini antara 15-29 hari setelah inokulasi. Tanaman cabai yang terinfeksi berat tidak dapat menghasilkan bunga dan buah. Bila serangan terjadi pada fase vegetatif jumlah tunas menjadi lebih banyak namun pertumbuhan tanaman kerdil.

2. Penyakit Keriting Daun

Penyebab Penyakit

Keriting daun pada tanaman cabai diawali oleh hama Thrips, yaitu kutu / serangga berwarna putih, panjang tubuh lebih kurang 1 mm, serangga ini tergolong kecil namun dapat dilihat dengan mata telanjang, hama ini pemangsa segala jenis tanaman.

Cara Mengatasi Penyakit Daun Cabai Keriting
Contoh Tanaman Terserang Penyakit Keriting Daun

Kutu menyerang tanaman muda secara bergerombol, daun yang terserang akan mengerut dan melingkar. Cairan manis yang dikeluarkan kutu membuat semut dan embun jelaga berdatangan.

Embun jelaga warna hitam sering menandakan serangan kutu thrips sedang berlangsung.

sumber : cybex.pertanian.go.id

Daun yang menjadi keriting adalah efek dari hama thrips yang menyerap cairan daun muda, sehingga daun kehilangan cairannya.

Cara Mencegah Penyakit Bulai dan Keriting Daun Cabai

Untuk mencegah penyakit Bulai dan keriting daun pada cabai petani dapat melakukan hal-hal berikut :

  1. Melalukan pemilihan Varietas benih tahan penyakit kuning
  2. Memperhatikan tanaman sejak dini 1-2 hari sekali agar hama dapat terdeteksi lebih awal
  3. Memberikan asupan nutrisi untuk tanaman secara tepat baik jenis, waktu, maupun jumlahnya.
  4. Membuat tanaman border (pelindung) untuk meminimalisir datangnya hama

Cara Mengatasi Penyakit Bulai dan Keriting Daun Cabai

Tanaman yang sudah terserang penyakit tersebut, haruslah dilakukan penanggulangan secara intensif dan harus selalu dicek keadaanya.

Apabila tanaman yang terserang penyakit sudah parah, maka pencabutan tanaman harus segera dilakukan agar tidak menularkan penyakit ke tanaman lainnya. Jauhkan dari tanaman lain atau dibakar.

1. Penanggulangan Terhadap Hama

  • Tanaman sudah tumbuh ( Fase Vegetatif) :
    Curacorn 500 EC, Nudrin 215 WSC atauTukotion 500 EC, dosis 2-3 ml/liter.
  • Tanaman sudah cukup besar ( Fase Generatif) :
    Nugos 50 EC, Azodrin 15 WSC, Nuracron 20 WSC. dosis 2-3 ml / liter.

2. Penanggulangan Terhadap Penyakit

Untuk Tanaman yang sudah terserang penyakit ini, Kami dari Gahendra Abadi telah telah mengeluarkan produk yang dapat mengobati Penyakit ini, Yakni Metaline.

obat anti virus penyakit tanaman ampuh
Metaline

Metaline adalah produk kombinasi Unsur yang diformulasikan untuk mengatasi Virus Gemini penyebab penyakit Bulai.

Cara kerja produk metaline yakni menonaktifkan Virus yang penyebab segala penyakit dengan cara menetralkan Ph tubuh tanaman yang terinfeksi virus. Dimana, hasil uji efikasi secara empiris yang dilakukan oleh formulator kami menyatakan bahwa Virus tidak dapat berkembang pada Ph tubuh tanaman dalam kondisi Netral.

Kombinasi unsur yang tepat pada Metaline dapat bekerja dalam memulihkan tanaman dari penyakit Bulai dan Keriting Daun.

Hasil yang akan dicapai setelah memakai metaline yakni, daun akan mulai kembali hijau, tanaman tetap berbuah, dan daun-daun dari tunas baru akan berkembang lebih baik.

Penggunaan Metaline akan lebih bagus lagi apabila Anda menggunakan produk Pupuk Organik Cair Terbaik Kami yaitu Nutriliq. Nutriliq juga dapat memberikan extra kekebalan tanaman dan juga melengkapi unsur hara pada tanaman sehingga kualitas dan hasil panen lebih meningkat.

paketan virus

Untuk Mendapatkan produk tersebut bisa menghubungi marketing kami.

Pembelian Via Marketplace ada dibawah ini :

bukalapak gahendra abadi
gahendra abadi shoope
gahendra abadi tokopedia
Source
media.neliti.comcybex.pertanian.go.id
Back to top button