Penanggulangan Penyakit

Obat Virus Tanaman Cabai

Serangan Virus Pada cabai dapat menurunkan Jumlah Produksi dan Kualitas Hasil Panen. Kenali Virus dan Obatnya

Tanaman yang terkena serangan penyakit yang disebabkan oleh Virus tak bisa terelakan disebagian jenis tanaman. Salah satunya yaitu Cabai/Cabe yang menjadi problema global khusus nya di Indonesia. Berikut ini, Kami akan memperkenalkan Obat Virus Tanaman Cabai formulasi dari produk Gahendra Abadi sebagai solusi mengatasi masalah penyakit akibat virus.

Sebelum Kami menginformasikan Jenis Obat untuk mengatasi penyakit Virus pada Tanaman Cabai/Cabe, maka dalam artikel ini Kami akan memberikan beberapa informasi yang penting tentang Virus Cabai terlebih dahulu.

Jenis Virus yang Menyerang Cabai

Ada beberapa jenis virus yang menyerang cabai. Salah satu jenis yang paling umum adalah virus kuning atau virus gemini. Virus ini mengganggu pertumbuhan dan produktivitas tanaman cabai. Virus kuning dijumpai pada dataran rendah sekitar 100 m dpl hingga dataran tinggi di atas 1000 m dpl, atau singkatnya terdapat pada kawasan yang ada tanaman cabai.

Virus Gemini Pada Cabai

Virus ini tidak pandang bulu. Dia menyerang seluruh lapisan umur tanaman, dan berbagai jenis varietas cabai, sehingga dapat menyebabkan kerugian panen 20% hingga 90%.

Virus ini menyerang di dalam tanaman, kemudian merusak jaringan pada tanaman yang berupa kromosom atau RNA/DNA, juga menghentikan aktivitas gen klorofil yang berupa asam amino, sehingga tanaman yang terserang virus ini dikuasasi oleh gen virus kuning.

Gejala Tanaman Cabai yang Terkena Virus

Sama seperti serangan virus lain, dimana masa awal serangan gejala yang ditimbulkan tidak terlalu berpengaruh secara signifikan. Namun, yang namanya penyakit apabila diabaikan pasti akan berdampak serius kedepannya.

Awal serangan, virus kuning menimbulkan gejala daun muda menjadi mencekung dan mengerut, serta terdapat warna mosaik. Kemudian merebak pada seluruh daun dengan munculnya warna kuning cerah, dan kerutan yang makin kecil dan menebal.

Cara Mengatasi Cabai terserang Virus Gemini Kuning

Selain itu, warna pada daun akan berubah menjadi mosaik klorosis atau belang kuning. Gejala mosaik tersebut muncul karena adanya penumpukan karbohidrat dalam daun dan penurunan aktivitas fotosintesis akibat berkuranganya jumlah klorofil pada daun.

Penyebab Virus pada Tanaman Cabai

Petani cabai sering menjumpai hewan kecil berwarna putih yang bersemayam di bawah daun cabai. Hewan apakah itu? Itu adalah kutu kebul.

Kutu Kebul Penyebab Penyakit Virus Gemini
kutu kebul

Kutu yang menularkan virus kuning ini sudah menjadi musuh lama para petani, terutama petani cabai. Kutu kebul bukan sembarang kutu pada umumnya. Kutu ini merupakan salah satu jenis serangga yang bersifat polifag, yaitu memiliki banyak tanaman inang, baik itu tanaman pangan, holtikultura, perkebunan maupun gulma.

Tercatat terdapat 67 famili dan terdiri atas 600 spesies tumbuhan. Kutu ini sebagi penular atau vektor, membawa virus kuning dari inang sebelumnya yang sudah terjangkit penyakit akibat virus kuning. Artinya, virus kuning tidak hanya menyerang tanaman cabai.

Kutu kebul menularkan virus kuning dengan cara mengisap cairan dalam jaringan tanaman pada bagian-bagian yang lunak, terutama pada daun, sehingga tulang daun menebal dan daun muda yang akan tumbuh berikutnya menjadi kaku dan kecil, sehingga tanaman menjadi kerdil.

Pencegahan dan Pengendalian Virus Tanaman Cabai

Lalu, bagaimana cara untuk menghindari serangan tersebut? Metode untuk mencegah sekaligus mengatasi kutu kebul menyebarkan virus kuning antara lain dengan melakukan pengendalian alami.

Pengendalian persebaran kutu kebul secara alami dilakukan dengan memelihara keseimbangan rantai makanan, terutama keberadaan musuh alaminya yaitu parasitoid dan juga predator. Tindakan menanam tanaman penghalang dan melakukan rotasi tanaman juga terbukti cukup efektif untuk mengurangi serangan dan perkembangan kutu kebul.

Mengapa harus menanam tanaman penghalang dan melakukan rotasi tanaman? Dua hal tersebut perlu dilakukan karena tanaman penghalang dapat menghalangi serangan dari kutu kebul masuk ke tanaman utama, dan rotasi tanaman bertujuan untuk menghentikan siklus hidup kutu kebul.

Rotasi tanaman dilakukan dengan cara menanam tanaman yang bukan tanaman inang si kutu kebul.

Bagaimana dengan serangan virus kuning? Serangan virus kuning dapat dikendalikan dengan memilih benih berkualitas, memperlakukan persemaian dengan benar, imunisasi tanaman muda dengan pupuk organik cair terbaik, pemilihan media tanam dan pupuk yang sesuai dan seimbang, menggunakan mulsa plastik hitam atau perak, serta melakukan sanitasi dan penjarangan terhadap tanaman yang terjangkit penyakit.

Intinya, seluruh upaya terpadu untuk mencegah serangan tersebut dengan melakukannya sewaktu tanaman masih muda.

Obat Virus Tanaman Cabai

Kami dari PT Gahendra Abadi sebagai produsen pupuk organik dan formula produk untuk sistem pertanian berkelanjutan saat mempertimbangkan tentang polemik yang terjadi di masyarakat khususnya petani, Kami berinisiatif untuk coba mengahadirkan produk yang dapat menunjang produktifitas dan hasil pertanian.

Maka, dengan hadirnya produk Obat Virus segala jenis tanaman yang kami formulasikan ini adalah sebagai langkah preventif dan kuratif terhadap apa yang disebut dengan obat penanggulangan penyakit yang disebabkan oleh virus.

Selanjutnya produk ini kami namai Metaline, dimana produk ini dengan akurasi formulasi dan studi oleh tim teknisi dan ahli yang berkompeten, serta metode pengujian lapanganpun menjadi tolak ukur terhadap penyeslesaian penyakit virus pada tanaman cabai.

obat anti virus penyakit tanaman ampuh

Tak hanya tanaman cabai, produk ini juga diformulasikan untuk segala penyakit yang terindikasi terkena serangan virus dengan beberapa sample gejalanya.

Mengapa Harus Pakai Metaline Obat Virus Cabe ?

Berbagai penelitian yang dilakukan oleh Ahli Tanaman bahwa, Virus adalah penyakit yang tidak dapat disembuhkan, namun hanya bisa di cegah dan diberikan asupan Suplemen agar tanaman kebal terhadap serangan Virus.

Formula ini Sudah di Uji bertahun-tahun dengan metode Uji Efikasi (uji kebenaran lapangan). Terbukti dapat menonaktifkan virus yang menjangkiti segala tanaman.

Selain dapat menonaktifkan virus penyebab penyakit tanaman, Metaline mengandung Unsur Hara sebagai pasokan suplemen tanaman. Kenapa harus ada kandungan Suplemen (unsur hara) ?

Karena virus dapat dilawan oleh sistem imun tanaman. Jika virus tersebut dalam kondisi tidak aktif, Metaline bekerja sekaligus membantu dalam pembentukan Imunitas (Kekebabalan) Tanaman. Sehingga Virus yang menjangkiti tanaman dapat dengan mudah dikalahkan oleh sistem Imun Tanaman.

Manfaat Obat Anti Virus Tanaman Cabe

  • Menciptakan kekebalan tanaman terhadap penyakit yang disebabkan oleh Jamur, Bakteri, dan Virus [Mikroba Patohogen]
  • Membentuk Zat Hijau Daun [Klorofil]
  • Merangsang pembentukan bulu-bulu akar
  • Mencegah terjadinya kerontokan bunga dan buah, terutama saat cuaca ekstrim
  • Mencegah tanaman terkena, atau keracunan dengan gejala daun menguning dan menyempit
  • Mencegah terjadinya mati pucuk atau ujung terutama pada tanaman kopi, cabai, cengkeh, lada dan tanaman lainnya

Dosis Aplikasi dan Cara Pakai

Semprotkan pada batang dan daun. Semprot pada daun bagian atas dan bawah.
Lakukan dengan Semprot/ Spray Embun.

  • Hortikultura / Sayuran
    2 gr Per Liter Air
  • Interval 7 Hari Sekali untuk Pencegahan
  • Interval 4-5 Hari sekali untuk pengaggulangan

*Untuk Hasil Maksimal Gunakan Bersama Pupuk cair Gahendra Abadi, yaitu; Pupuk Organik Cair Nutriliq. Karena Nutriliq juga sangat efektif untuk mempercepat pemulihan setelah terserang Virus.

Selain Itu Kelebihan mengkombinasikan Metaline dengan Nutriliq adalah untuk memberikan kekebalan extra pada saat terserang penyakit dan saat cuaca ekstrim. Extrasil juga sangat membantu agar buah yang dihasilkan lebih berbobot dan berkualitas serta dapat meningkatkan panen.[Dijamin]

obat virus tanaman

Harga Obat Virus Tanaman Cabai

Metaline

  • Bentuk : Serbuk
  • Kemasan : Kotak DUS
  • Isi : 250 gr
  • Harga Rp. 100.000 Per Kotak

Pupuk Organik Cair Nutriliq

  • Bentuk : Cair
  • Kemasan : Botol
  • Isi : +/- 1000 ml
  • Harga RP. 125.000

Harga Paket Penanggulangan Virus Cabai/Cabe
METALINE + POC NUTRILIQ
210.000 Per Paket

Formula Obat Virus Tanaman ini, bisa Anda miliki dengan cara..

Membeli di Toko Online Resmi Gahendra Abadi [Silahkan Klik Salah satu] :

gahendra abadi shoope
gahendra abadi tokopedia
bukalapak gahendra abadi

Hubungi kami pada nomor kontak berikut ini untuk konsultasi :

Bapak Zam zam
0813 6646 1050 Hp / WhatsApp
0856 6427 2209 INDOSAT

Source
WIkipediaRepository Universitas AndalasLitbang PertanianBalitsa Pertanian
Back to top button