Penanggulangan Penyakit

Obat Virus Tanaman Cengkeh

Serangan Virus Pada Cengkeh dapat menurunkan Jumlah Produksi dan Kualitas Hasil Panen. Kenali Virus dan Obatnya

Obat Virus Tanaman Cengkeh yang ampuh mungkin sulit dicari karena terbatasnya penelitian yang telah dilakukan oleh beberapa kalangan akademisi. Satu-satunya dan yang paling umum adalah langkah preventif untuk mengatasi nya. Namun Kami dari Gahendra Abadi mencoba menjelaskan obat virus tanaman cengkeh sehingga dapat menjadi solusi terhadap masalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang tanaman cengkeh.

Sekilas Tanaman Cengkeh

Cengkeh merupakan salah satu hasil rempah asli Indonesia. Cengkeh termasuk jenis pohon dari famili Myrtaceae, dan kegunaannya telah dimanfaatkan sejak abad ke-4, yaitu ketika masa kejayaan Dinasti Han.

penyakti tanaman cengkeh

Tahukah Anda, selain dimanfaatkan sebagai obat rasa nyeri oleh masyarakat lokal, cengkeh juga dapat dimanfaatkan sebagai antiseptik dan anastesi? Kandungan senyawa eugenol pada cengkeh dapat digunakan sebagai antibakteri.

Faktanya, tanaman yang berasal dari Maluku ini telah menjadi barang penting yang diperebutkan oleh Spanyol, Portugis, dan Belanda, hingga pernah pada waktu itu cengkeh memiliki harga yang setara dengan emas.

Jenis Virus yang Menyerang Cengkeh

Apakah Anda pernah mendengar penyakit BPKC? BPKC atau bakteri pembuluh kayu cengkeh atau petani cengkeh biasa menyebutnya virus BPKC, sudah menjadi sebuah permasalahan sejak tahun 1970-an yang membunuh perlahan pohon cengkeh.

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Pseudomonas syzgii. Kerugian yang disebabkan karena penyakit ini yaitu menyebabkan penurunan produktivitas hasil 10-15%. Banyak para petani cengkeh yang tidak menyadari jika tanaman mereka telah terserang BPKC. Oleh karena itu, telah banyak kerugian yang disebabkan oleh BPKC.

Gejala Tanaman Cengkeh yang Terkena Virus

Seperti apa serangan penyakit ini? BPKC memulai serangan pada pucuk tanaman yaitu gugurnya daun secara mendadak dan ranting-ranting mulai mengering dan mati. Gejala tersebut kemudian terjadi pada daun-daun dan ranting di bawahnya.

Apabila Anda membelah batang pohon cengkeh yang terjangkit penyakit ini secara melintang, akan terlihat berkas warna coklat agak abu-abu. Namun secara umum gejala penyakit ini yang terjadi di lapangan dibedakan menjadi 2 macam, yaitu mati cepat dan mati lambat. Mati cepat ditandai dengan daun yang secara mendadak gugur, mulai dari pucuk kemudian menjalar ke bawah, dan terjadi selama 3 bulan sampai 1 tahun hingga tanaman benar-benar mati.

gejala virus tanaman cengkeh

Bagaimana dengan mati lambat? Gejala yang ditimbulkan pada kategori mati lambat hampir sama dengan mati cepat. Bermula pada seluruh daun menguning lalu gugur, dan terkadang daun dewasa lebih cepat menjadi tua sebelum waktunya. Batang dan akar yang telah mati secara perlahan ini tidak mengeluarkan lendir bakteri jika dimasukkan dalam air atau jika dilembabkan. Lama waktu tanaman yang mengalami mati lambat yaitu sekitar 3-6 tahun.

Penyebab Virus pada Tanaman Cengkeh

Siapakah yang menularkan penyakit BPKC? Tentu organisme vektor, atau lebih tepatnya serangga vektor Hindola sp. Ukuran serangga ini termasuk kecil, yaitu hanya sekitar 3,5 mm pada saat muda, dan 5 mm ketika sudah dewasa.

hindola sp
src:museumwales.ac.uk

Karena ukurannya yang kecil dan ringan, akan dengan mudah persebaran penyakit ini karena pengaruh arah angin.

Selain itu, penularan dapat terjadi karena penggunaan alat pertanian seperti gergaji, golok, sabit, dan sebagainya yang digunakan secara bergantian dari pohon sakit ke pohon lainnya.

Awal mulanya, serangga ini mengisap Pseudomonas syzgii secara tidak sengaja dari daun cengkeh yang sakit kemudian berterbangan mencari inang yang masih sehat.

Serangga Hindola sp. merupakan tipe serangga penghisap pembuluh kayu. Mereka memasuki batang pohon cengkeh dengan cara mengebor batang tersebut.

Yang menarik adalah, walaupun serangga Hindola sp. hidup berbulan-bulan pada pohon cengkeh, penyebaran penyakit BPKC hanya membutuhkan beberapa waktu.

Pencegahan dan Pengendalian Virus Tanaman Cengkeh

Adapun tindak pencegahan dan pengendalian terhadap penyakit BPKC, yaitu dengan menghindari penanaman dekat hutan. Mengapa? Karena banyak sumber penyakit berasal dari hutan, sehingga beri jarak tanam minimal 5-10 Km dari batas pinggir hutan.

Sanitasi dan eradikasi dapat dilakukan jika serangan sudah sangat berat. Hal tersebut dapat mencegah penularan penyakit melalui penebangan dan pembakaran terhadap tanaman yang sudah terkena penyakit. Penggunaan pupuk organik sesuai dosis daripada kimia lebih disarankan karena sifat alami yang tidak merusak unsur hara tanah.

Pembersihan gulma dan melakukan penanaman tanaman lain atau polikultur selain jenis jambu-jambuan juga dapat dilakukan untuk mempertahankan suhu dan kadar air tanah.

Secara biologis, Anda dapat memanfaatkan musuh alami si Hindola sp. dapat dilakukan, seperti parasitoid Acmopolynema, Carabunia, atau seperti semut merah, belalang dan laba-laba. Selain memanfaatkan musuh alami, penggunaan metabolit sekunder (MS) agen pengendali hayati (APH) golongan bakteri Psudomonas dapat diterapkan.

Obat Virus Tanaman Cengkeh

Penggulangan dengan obat juga merupakan salah satu cara yang tepat agar penghentian persebaaran penyakit oleh virus tersebut dapat diminimlaisir.

Kami dari PT Gahendra Abadi sebagai produsen pupuk organik dan formula produk untuk sistem pertanian berkelanjutan saat mempertimbangkan tentang polemik yang terjadi di masyarakat khususnya petani, Kami berinisiatif untuk mengahadirkan produk yang dapat menunjang produktifitas dan hasil pertanian.

Maka, dengan hadirnya produk Obat Virus segala jenis tanaman yang kami formulasikan ini adalah sebagai langkah preventif dan kuratif terhadap apa yang disebut dengan obat penanggulangan penyakit yang disebabkan oleh virus.

Selanjutnya produk ini kami namai Metaline, dimana produk ini dengan akurasi formulasi dan studi oleh tim teknisi dan ahli yang berkompeten, serta metode pengujian lapanganpun menjadi tolak ukur terhadap penyeslesaian penyakit virus pada tanaman Cengkeh.

obat anti virus penyakit tanaman ampuh

Tak hanya tanaman Cengkeh, produk ini juga diformulasikan untuk segala penyakit yang terindikasi terkena serangan virus dengan beberapa sample gejalanya.

Mengapa Harus Pakai Metaline Obat Virus Cengkeh?

Berbagai penelitian yang dilakukan oleh Ahli Tanaman bahwa, Virus adalah penyakit yang tidak dapat disembuhkan, namun hanya bisa di cegah dan diberikan asupan Suplemen agar tanaman kebal terhadap serangan Virus.

Formula Metaline ini Sudah di Uji bertahun-tahun dengan metode Uji Efikasi (uji kebenaran lapangan). Terbukti dapat menonaktifkan virus yang menjangkiti segala tanaman.

Selain dapat menonaktifkan virus penyebab penyakit tanaman, Metaline mengandung Unsur Hara sebagai pasokan suplemen tanaman. Kenapa harus ada kandungan Suplemen (unsur hara) ?

Karena virus hanya dapat dilawan oleh sistem imun tanaman. Jika virus tersebut dalam kondisi tidak aktif, Metaline bekerja sekaligus membantu dalam pembentukan Imunitas (Kekebabalan) Tanaman. Sehingga Virus yang menjangkiti tanaman dapat dengan mudah dikalahkan oleh sistem Imun Tanaman.

Manfaat Obat Anti Virus Tanaman Cengkeh

  • Menciptakan kekebalan tanaman terhadap penyakit yang disebabkan oleh Jamur, Bakteri, dan Virus [Mikroba Patohogen]
  • Membentuk Zat Hijau Daun [Klorofil]
  • Merangsang pembentukan bulu-bulu akar
  • Mencegah terjadinya kerontokan bunga dan buah, terutama saat cuaca ekstrim
  • Mencegah tanaman terkena, atau keracunan dengan gejala daun menguning dan menyempit
  • Mencegah terjadinya mati pucuk atau ujung terutama pada tanaman kopi, cabai, cengkeh, lada dan tanaman lainnya

Dosis Aplikasi dan Cara Pakai

Semprotkan pada batang dan daun. Semprot pada daun bagian atas dan bawah.
Lakukan dengan Semprot/ Spray Embun

  • Dosis 3-4 gr Per liter air
  • Interval 30 Hari Sekali untuk Pencegahan
  • Interval 15-20 Hari sekali untuk penanggulangan

*Untuk Hasil Maksimal Gunakan Bersama Pupuk cair Gahendra Abadi, yaitu; Pupuk Organik Cair Terbaik Nutriliq. Karena Nutriliq juga sangat efektif untuk mempercepat pemulihan setelah terserang Virus.

Selain Itu Kelebihan mengkombinasikan Metaline dengan Nutriliq adalah untuk memberikan kekebalan extra pada saat terserang penyakit dan saat cuaca ekstrim. Nutriliq juga sangat membantu agar buah yang dihasilkan lebih berbobot dan berkualitas serta dapat meningkatkan panen.[Dijamin]

obat virus tanaman

Harga Obat Virus Tanaman Cengkeh

Metaline

  • Bentuk : Serbuk
  • Kemasan : Kotak DUS
  • Isi : 250 gr
  • Harga Rp. 100.000 Per Kotak

Pupuk Organik Cair Nutriliq

  • Bentuk : Cair
  • Kemasan : Botol
  • Isi : +/- 1000 ml
  • Harga RP. 125.000

Harga Paket Penanggulangan Virus cengkeh
METALINE + POC NUTRILIQ
210.000 Per Paket

Formula Obat Virus Tanaman ini, bisa Anda miliki dengan cara..

Membeli di Toko Online Resmi Gahendra Abadi [Silahkan Klik Salah satu] :

gahendra abadi shoope
gahendra abadi tokopedia
bukalapak gahendra abadi

Hubungi kami pada nomor kontak berikut ini untuk konsultasi :

Bapak Zam zam
0813 6646 1050 Hp / WhatsApp
0856 6427 2209 INDOSAT

Back to top button